8 Tips Lolos Tes CPNS Paling Ampuh

8 Tips Lolos Tes CPNS Paling Ampuh

Tes CPNS – Berprofesi sebagai pegawai negeri masih menjadi harapan dan cita-cita banyak orang. Itu artinya Anda harus bersaing dengan ribuan pelamar calon CPNS yang berusaha memperebutkan formasi yang biasanya hanya membutuhkan sedikit pegawai. Untuk itu, Anda harus melakukan persiapan, baik secara fisik, intelektual, dan mental dalam menghadapi tes CPNS.

Sebagai persiapan fisik, Anda perlu mengupayakan agar tubuh tetap sehat penuh stamina agar dapat belajar secara maksimal dan menjalani tes CPNS dengan baik. Secara intelektual, Anda sebaiknya mempersiapkan pengetahuan Anda dengan mempelajari semua materi yang dikeluarkan dalam tes. Sedangkan, persiapan mental dapat Anda lakukan dengan banyak berdoa kepada Tuhan agar dapat menjalani tes dengan tenang sehingga Anda dapat menyelesaikan semua tes dengan baik.

Bagi Anda yang hendak menjalani tes CPNS, sebaiknya Anda mengetahui berbagai tips lolos CPNS berikut ini agar Anda berhasil mengalahkan ribuan pelamar lainnya. Semoga sukses.

1.Perhatikan tingkat ketertarikan pelamar pada formasi yang Anda tuju
Sebelum menentukan formasi yang akan Anda lamar untuk mengikuti tes CPNS, sebaiknya terlebih dulu memperhatikan tingkat animo pelamar. Ada baiknya Anda memilih formasi yang tingkat persaingannya kecil. Misal, Anda bisa memilih formasi pegawai negeri di instansi pusat karena kebanyakan pelmar memilih formasi di instansi daerah.

2.Manfaatkan kesempatan semaksimal mungkin
Jika dalam tes CPNS, Anda diperbolehkan mengikuti lebih dari satu jenis formasi (maksimal tiga formasi) maka manfaatkanlah kesempatan tersebut. Namun, Anda perlu memperhatikan cara menentukan formasi yang akan Anda pilih. Yaitu, pilihan pertama merupakan pilihan prioritas Anda yang harus sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda, sedangkan pilihan kedua dan ketiga juga tetap sesuai dengan backgorund akademik Anda atau pilih formasiyang terbuka untuk semua jurusan meskipin jenis formasi ini akan diserbu banyak sekali pelamar.

3.Gunakan waktu semaksimal mungkin saat mengkuti tes CPNS
Saat ini tes CPNS dilakukan dengan sistem CAT. Untuk bisa memanfaatkan waktu secara maksimal maka Anda bisa mengerjakan soal-soal yang mudah terlebih dahulu, tinggalkan dulu soal-soal yang susah Anda kerjakan. Anda bisa kembali mengerjakan soal-soal yang sulit tersebut karena sudah ada bantuan indikator pada soal-soal yang belum Anda kerjakan.

4.Kerjakan semua soal
Dalam menjalani tes CPNS, sebaiknya Anda mengerjakan semua soal karena Anda tetap berpeluang mendapatkan nilai (1-5) daripada Anda membiarkan kosong tanpa jawaban yang artinya Anda hanya memiliki nilai nol.

5.Kerjakan soal TKP terlebih dahulu
Agar Anda lolos dalam tes CPNS, sebaiknya Anda mengerjakan tes TKP (Tes Karakteristik Pribadi) terlebih dahulu yang memiliki skala 1-5, daripada menyelesaikan soal TIU (Tes Intelejensia Umum) atau TKW (Tes Kewarganegaraan) yang hanya memiliki peluang nilai 0 untuk jawaban salah dan nilai 5 untuk jawaban benar.

6.Mempelajari semua materi tes CPNS
Agar Anda berhasi dalam tes CNPS, sebaiknya Anda membekali diri dengan belajar semua materi yang akan dikeluarkan sesuai dengan kisi-kisi soal tes CNPS. Kemudian, Anda bisa berlatih mengerjakan soal-soal dari buku latihan soal CPNS ataupun dari internet.

7.Berlatih simulasi mengerjakan soal tes CPNS secara online
Setelah mempejari semua soal tes dengan baik, lalu sebaiknya Anda melakukan simulasi dalam mengerjakan tes secara online dengan menggunakan sistem CAT. Sekarang ini ada banyak aplikasi yang dapat membantu Anda dalam berlatih simulasi ini. Anda tinggal mengunduhnya, lalu berlatihlah secara online.Dalam berkatih dengan sistem CAT ini, Anda juga bisa mengetahui skor hasil jawaban Anda.

Demikian berbagai tips lolos tes CPNS yang perlu Anda lakukan. Jika Anda sudah melakukan beberapa atau semua tips di atas, namun Anda masih saja gagal dalam menjalani tes CPNS, jangan khawatir karena Anda masih bisa mengupayakan agar dapat diterima CPNS dengan mengonsumsi Kapsul Bioenergi yang akan membantu Anda dalam meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus dalam mempelajari materi tes CPNS sehingga Anda dapat mengerjakan tes dengan baik. Dengan begitu, Anda pun dapat dengan mudah sukses diterima menjadi CPNS.

Tidak ada komentar: